Wednesday, May 8, 2013

Mendaftarkan SiteMap di Google Webmaster

Agar situs / blog anda dapat muncul pada pencarian google, blog anda perlu di index terlebih dahulu oleh Google Crawler yg merupakan mesin penjejak situs. Nah agar blog anda cepat di index, anda perlu mengundang Google Crawler untuk mengunjungi situs anda, caranya yaitu dengan mendaftarkan SiteMap situs anda pada Google Webmaster. Mari kita mulai

- Pertama lakukan konfigurasi pada blog anda, masuklah di beranda-setting-other. Pada kolom "Posting URL Pengubahan Arah Feed" atau "Post Feed Redirect URL ?" isikan code berikut :

http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

- Ganti tulisan yg orange dengan alamat situs anda kemudian save.

- Konfigurasi blog sudah selesai, sekarang masuklah pada situs ini, klik saja Google Webmaster, login saja jika diminta.

- Pada menu home / beranda, anda akan melihat situs milik anda, jika belum ada maka silahkan klik tombol "tambahkan situs" disebelah kanan untuk menambahkan dan ikuti instruksinya. Pastikan situs anda telah terdaftar & terverifikasi.

- Setelah selesai kembalilah ke menu beranda dan klik situs anda.

- Anda sekarang berada pada menu Dasbor, disini anda klik menu  Peta situs / SiteMap yg paling kanan. Dan klik lagi menu "Tambahkan/Uji Peta Situs" disebelah kanan atas.

- Copypaste-kan code ini "feeds/posts/default" pada kolom setelah alamat situs anda lalu klik menu "Mengirim Peta  Situs". Jika berhasil akan muncul pesan terkirim.

Sampai disini kita telah mendaftarkan SiteMap anda di  Google Crawler, ini mungkin membutuhkan waktu beberapa lama. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment